KRISHAND
Software Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax,
Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General Ledger. Software Krishand
PPN 1107 / Withholding Tax / Krishand PPh 21 merupakan software database
yang membantu Anda di dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan
menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan
efisien tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung,
salah ketik ataupun kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan
hanya sekedar software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu.
Banyak laporan internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data
yang telah diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin,
software Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan
perusahaan Anda seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak,
impor data penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data
Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk
pembuatan Bukti.
KELEBIHANNYA :
1.
|
Cepat
dan Akurat
|
Dengan
software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari
kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering
terjadi jika dilakukan secara manual..
|
|
2.
|
Praktis
|
Dapat
mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan
dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.
|
|
3.
|
Review
setiap saat
|
Memungkinkan
untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa
harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.
|
|
4.
|
Up
to Date
|
Semua
formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru
yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir.
|
|
KEKURANGANNYA :
1.
Tidak tahu bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.
2.
Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3.
Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis )
dengan pola IPR ( Intellectual property
Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang
didanai selama ini.
4.
Tidak adanya dukungan komersial.
5.
Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6.
Usabilitas yang masih kurang baik.
7.
Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
ACCURATE V3 Standard
Software
akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan
General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami memberikan 2 (dua)
license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke dalam 1 (satu) database dalam
waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar
yang terdapat di versi ini adalah:
1.
Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2.
Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada
hubungan
dengan pajak (PPN).
3.
Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang
lebih
lengkap
4.
Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5.
Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan
item.
6.
Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
7. Penambahan
modul Rekonsiliasi Bank.
Selain
fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang
telah dilakukan di versi 3:
KELEBIHANNYA :
1.
Customer & Vendor
- Bisa mengisi Saldo
awal lebih dari 1 invoice.
2.
Purchase Order
- Ada penambahan field
Terms, dan FOB
3.
Purchase Invoice
- Terdapat field Fiscal
Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
4.
Receive Item
-
Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih
(Unbilled goods).
5.
Purchase Return (d/h: Debit Memo)
- Nilai retur bisa
memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
6.
Vendor Payment (d/h: Make Payment)
- Setiap form ada nomor
urutnya agar mempermudah pengarsipan.
7.
Sales Order
- Ditambahkan field
Salesman
8.
Sales Invoice / Delivery Order
-
Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
KEKURANGANNYA :
1.
Single login. Hanya bisa login menggunakan user supervisor.
2.
Membuka database dari local PC, tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
3.
OEM license, tidak bisa dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4.
Tidak untuk pemakaian multiple user, tidak diperbolehkan menambah license.
5. Tidak mendapat diskon untuk major
upgrade atau trade-in.
K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional
dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan
ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan
mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak
dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh
komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
KELEBIHANNYA :
K-System memberi pilihan untuk anda yang
akan melakukan komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku,
lengkap, teruji, integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan
banyak pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini
K-System sedang dikembangkan ke Web Based.
KEKURANGANNYA :
1. Untuk keamanan dan purna jual yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan
dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi perusahaan kecil, K-System
single user diberikan secara cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan
menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan
untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak
semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya.
Source program juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan
sesuai dengan keinginan perusahaan.
SAGE ACCPAC ERP
Adalah
sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan
telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan
perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan
menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan
perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang
terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih
baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
KELEBIHANNYA :
- Efisien dan mudah digunakan
- Kemampuan reporting yang kompeten
- Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
- Terintegrasi penuh
- Support Windows dan Linux
- Kombinasi desktop base dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul
utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational
Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi
akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface
yang user friendly untuk menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan
perusahaan dan memberikan solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha.
Modul-modul finansial meliputi:
- General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user
friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan
sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:
- Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
KEKURANGANNYA :
1.
Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika
digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.
2.
Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3.
Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4.
Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.
MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own Business)
Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated
software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan
cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam
command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat,
tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan
laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis
perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan
pertanian serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
KELEBIHANNYA :
1. User friendly (mudah digunakan),
bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang
akuntansi.
2.
Tingkat
keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
3.
Kemampuan
eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor
file yang merepotkan.
4.
Kemampuan
trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5.
Dapat
diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6.
Menampilkan
laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam
bentuk grafik.
7.
Mudah
dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan
mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung
dalam pengelolaan perusahaan.
8. Bisa diterapkan untuk jenis usaha
yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
KEKURANGANNYA :
1. Tidak ada module fixed assets,
sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang
dimiliki maka harus membeli add on lagi.
2.
Tidak
ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi.
3.
Kelemahan
Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif
sulit dikelola di dalam MYOB.
4.
Tidak
dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya
laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan
MYOB.
5. database MYOB merupakan file based
sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks.
Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga
optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
GENERAL LEDGER
Lebih dari sekedar membantu tugas rutin
anda menghasilkan laporan keuangan. General menyediakan pilihan software
akuntansi general ledger yang tepat dan handal. Sistem dasar keuangan yang
dapat memenuhi kebutuhan saat ini. Dan dapat mengantisipasi perkembangan
kebutuhan usaha dan sistem baru dimasa datang.
Software
akuntansi general ledger cocok digunakan untuk semua jenis usaha baik jasa,
dagang maupun pabrik. Untuk semua skala usaha baik besar maupun kecil. Dan
tersedia dalam dua pilihan versi: satu mata uang (singgle currency) dan
banyak mata uang (multi currency).
Feature
utama software akuntansi general ledger:
- Input Data Lebih Mudah. Selain menggunakan cara input journal biasa. Anda dapat men-design journal voucher yang umum digunakan. Dan menentukan user yang dapat menggunakan journal voucher tersebut. Proses input data menjadi sangat mudah. Bahkan dapat dilakukan sekalipun oleh orang yang minim pengetahuan accounting. Dan dapat mengurangi resiko kesalahan input data yang mungkin terjadi.
- Multi Currency, Kurs Tengah BI, Kurs Pajak. Software akuntansi general ledger mendukung penggunaan mata uang asing (jenis mata uang tidak terbatas). Dan sesuai standard penerapan akuntansi Indonesia menyediakan dua pilihan kurs: Tengah BI dan Kurs Pajak. Dengan proses perhitungan revaluasi (adjustment selisih kurs) otomatis di akhir bulan.
- Pendapatan Biaya Proyek, Cabang. Menggunakan fungsi Cost Profit Center yang ada. Anda dapat mengetahui pendapatan biaya ("rugi laba") proyek, cabang, divisi, unit usaha, dsb dengan mudah.
- Penomoran Account Flexible. Format penomoran account, standard digit grouping account, karakter pemisah, struktur hirarki level group dan sub account bisa di setup sesuai kebutuhan usaha.
- Integrated AR Dan AP.Software akuntansi GL (General Ledger) sudah terintegrasi langsung dengan modul AR (Account Receivable) dan AP (Account Payable) aging schedule dan payment.
- Multi User. Sistem general ledger dapat diakses oleh banyak user secara bersamaan. Dengan proteksi nama dan password untuk setiap user pengguna. Hak akses setiap user dapat ditentukan dan dibatasi secara rinci. Dilengkapi fungsi audit trail untuk mencatat aktifitas user.
- Export Laporan Ke Excel. Laporan selain dapat di print dan tampilkan (preview) ke layar. Dapat di export dan simpan dalam bentuk document Microsoft Excel.
- Open Integrasi Sistem Lain. Dengan tersedianya SDK (Software Development Kit) memungkinkan software akuntansi general ledger digabungkan ("integrasikan") dengan sistem yang ada saat ini. Atau kebutuhan sistem baru dimasa datang (atau software vendor lain).
- Database Khusus Financial Accounting. Menggunakan database khusus untuk pengolahan data financial accounting skala besar Microsoft SQL Server (tersedia pilihan free edition). Dapat sepenuhnya menjaminan akurasi perhitungan dan melindungi anda dari masalah kerusakan data, kehilangan data, dsb.
disadur
dari & dengan sedikit perubahan:
http : princstar.princstar.liesta5@gmail.com
h
Tidak ada komentar:
Posting Komentar